Hallo sobat bisnis yang sedang merintis usaha online, kalian wajib mengenal tentang SEO sebab semakin banyak pengguna internet untuk jualan maka semakin banyak persaingan kita bersaing di SEARCH ENGINE.
Bukan hanya para pembisnis doang yang menggunakan metode ini, para pemilik website juga mengejar SEO untuk mencari trafik sebanyak mungkin di search engine. Dari sini sedikit udah tau kan kegunaannya SEO itu apa.
Kalau belum tau secara detail seo itu apa, saya akan menjelaskannya lagi untuk kalian yang masih bingung.
Apakah Itu SEO?
SEO Yaitu (Search Engine Optimization) yang bertujuan untuk meningkatkan sebuah website di peringkat ter atas pada pencarian atau SERP (search engine result pages) menargetkan kata kunci yang di cari oleh pengguna internet. SEO sendiri di bikin untuk mencari traffik buat website melalui mesin pencari.
Terus kalau SEM itu apa? Menurut saya kegunaan SEM sendiri seperti SEO cuman bedanya kita membayar biar website atau toko kita berada di atas pencarian. Penjelasan lebih lanjut ada di bawah.
Kalau SEM itu apa?
SEM Yaitu singkatan dari (Search Engine Marketing) yang di gunakan untuk strategi marketing buat menaikkan penjualan sobat dengan cara berbayar. Yang sering saya temui SEM itu membayar dibuat oleh pihak pencari seperti Goggle ads karena menggunakan SEM. Metode SEM sendiri banyak di pakai oleh website pembisnis, E-COMMERCE dan Toko Online.
Pasti ada kekurangan dan ada kelibihan dari kedua metode tersebut, kalian tau sendiri lah ya. Kalau mau yang gratis ya gunakan metode SEO tetapi harus mencari kata kunci yang belum di pakai oleh kompetitor kalian. Kalau mau yang tidak ribet kalian bisa memakai cara bayar untuk beriklan (SEM).
Manfaat SEO & SEM Untuk Toko Website Atau Toko Online Kalian
1. Bisa Promosi Sepanjang Waktu
Kalian bisa menggunakan kedua metode tersebut untuk menarget konsumen di search engine , selagi website atau toko kalian nangkring di halaman 1 pada Google. Sebab pengguna search engine paling banyak ya google.
Kalian juga bisa gunakan media sosial untuk beriklan ,tetapi website atau toko online yang profesional pasti banyak yang nangkring di page 1 pencarian google.
Kalau website atau toko online kalian sudah ngeranking di halaman 1 google pasti susah banget kompetitor untuk menggeser peringkatnya. Jadi dalam 2 - 5 tahun website kalian masih berada di atas pencarian.
2. Tujuan Konsumen Tepat
Sebab kalian kan menggunakan kata kunci yang menargetkan untuk konsumen yang di carinya, ketika kalian menggunakan SEO yang tepat pastinya bakal muncul artikel kalian sesuai konsumen dicarinya. Tentu saja cara ini sangat cocok buat kalian yang mempunyai toko online sendiri.
3. Merek Semakin Familiar Dan Dikenal Banyak Konsumen
Misalkan kalian mempunyai sebuah brand , nama toko yang sering muncul di atas pencarian search engine orang juga bakal mempercayai web atau toko kalian. Kerennya SEO sendiri bisa berpengaruh kepada penjualan kalian loh sob.
Semakin terkenal web atau toko kalian maka semakin besar juga nantinya produk yang kalian jual di internet, contoh saja E-COMMERCE Shopee, Tokopedia, Bukalapak.
4. Membuat Domain Sesuai Tema Kalian Buat
Nah sebernya ini saya taruh di nomor pertama, membuat nama domain yang mengandung kata kunci produk yang kalian jual. Jangan sampai kalian jual elektronik tapi nama domainya "Tentang Makanan".
Sebab nama domain ini sangat paten digunakan ketika kedepannya buat usaha kalian di internet, jangan sembarangan membuat nama domain ya sobat. Di search engine google juga menempatkan domain sesuai niche yang di bahas oleh web kalian.
Jadi nanti algoritmanya google menentukan apa yang orang cari di pencarian dan merecomendasikan website toko kalian untuk menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen. Kalian juga bisa riset keyword di Google Planner buat membidik kata kunci yang pas.
Begitulah yang bisa saya bagikan untuk kalian, semoga target untuk jualan online berkembang karena telah membaca artikel saya ini. Kalau masih bingung bisa tanyakan di kolom komentar.
Posting Komentar untuk "Mengenal SEO Dan SEM Untuk Meningkatkan Penjualan Online"